Apa Saja Kegiatan Ketika Melaksanakan Ibadah Umrah? Simak Yuk!

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Desember 2023, 11:28:38

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa ibadah memerlukan durasi waktu yang panjang. Karena, biasanya, sebuah perjalanan umrah berdurasi 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umrah hanya perlu waktu sekitar 3-12 jam saja! Wah, kalau demikian, ngapain aja ya kegiatan waktu umrah?

Sebenarnya, banyak kok agenda yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu umrah Anda. Selain melaksanakan rukun wajib umrah, Anda juga dapat menjalankan aktivitas lain yang tentunya harus didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, jika Anda melewatkan waktu-waktu di Baitullah, dengan melakukan hal-hal yang tidak bernilai pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari biro umrah sudah jelas jadwal agenda yang akan kita lakukan, namun tidak ada ruginya Anda mengelist sendiri jadwal kegiatan supaya Anda dapat memaksimalkan beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 aktivitas yang dapat Anda lakukan selama umrah.

1) Melakukan Rukun Umrah

Inti dari perjalanan ibadah umrah adalah melakukan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul serta tertib. Seperti yang telah kami singgung di atas, durasi untuk melaksanakan ibadah umrah adalah 3-12 jam. Sehingga, Anda dapat melakukan ibadah umrah berkali-kali saat berada di tanah suci.

Waktu yang Anda gunakan dalam perjalanan pergi dan pulang ibadah umrah sudah cukup menyita keseluruhan waktu ibadah umrah Anda. Seperti waktu untuk naik pesawat saja minimal 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke hotel, perjalanan dari madinah ke makkah kurang lebih 14 jam PP, dll. Jadi, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Aktivitas lain yang tak kalah penting adalah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pantang untuk diabaikan. Karena, pahala shalat di kedua masjid agung tersebut sangat berlipat ganda.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi setara dengan 1000 kali lipat bila dibandingkan shalat di tempat lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menunaikan shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat penting, masa iya kita melakukan ibadah sunnah namun malah meninggalkan ibadah fardhunya?

3) Melaksanakan Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat fardhu di Masjidil Haram, Anda juga dapat melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram antara lain shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga dapat melakukan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, bersalawat, bersedekah, puasa sunnah, dan seterusnya. Tingkatkan ibadah sunnah Anda ketika di tanah suci, agar Anda bisa meraih keuntungan pahala sunnah saat berumrah.

4) Melakukan Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Hampir sama dengan beribadah sunnah di Masjidil Haram, Anda tak boleh melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, shalat sunnah, bersalawat, memperbanyak dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraup pahala maksimal bisa Anda peroleh.

5) Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada suatu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat ibadah umrah, yaitu ibadah shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Nabi Muhammad SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, dan ia shalat di dalamnya, maka baginya akan memperoleh pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini terletak di Madinah. Biasanya, ada agenda untuk berkunjung masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat shalat dhuha di Masjid Quba agar meraih keutamaannya.

6) Membaca Ayat-ayat Allah dan Memperbanyak Dzikir

Usahakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan memegang mushaf Al Qur'an agar Anda dapat membaca Al Quran kapanpun. Apalagi saat menunggu waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali jika Anda mengisinya dengan aktivitas yang kurang berfaedah.

Selalu basahi bibir Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan banyak dzikir, sehingga Anda jadi lebih tenang dan khusyu dalam beribadah. Melupakan sejenak urusan-urusan duniawi yang Anda pikirkan di luar waktu umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, ini dia aktivitas paling ditunggu yang biasanya selalu direncanakan oleh jamaah umrah. Ya, berdoa di tanah suci merupakan kesempatan yang tidak ternilai harganya, sebab Anda sedang berkunjung di Rumah Allah. Jadi, berdoalah sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginan kita. Biasanya, kita juga ada titipan doa dari kerabat, sahabat, dan rekan kita. 

Maka, berdoalah, daripada menyibukkan diri berfoto selfie, belanja, makan-makan, sebaiknya Anda dijadwalkan khusus untuk memanjatkan doa dan siapkan catatan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlupa.

Itulah aktivitas yang dapat memperbanyak bobot pahala umrah kita. Ibadah umrah merupakan ibadah yang membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit baik dari sisi materi maupun dari sisi fisik. Oleh karena itu, kita tak boleh lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita sebaik-baiknya. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan berburu kuliner timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id