10 Persiapan Agar Ibadah Umrah Anda Berjalan Lancar

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Desember 2023, 11:29:21

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan ibadah umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang wajib Anda persiapkan sebelum ibadah umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan fisik yang prima. Maka dari itu, jamaah umrah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kebugaran dengan makan makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, workout ringan, atau olahraga lainnya. Berbekal fisik yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang prima, Anda juga harus mempersiapkan rohani Anda agar bisa benar-benar khusyu’ dalam melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan yang tinggi. Sebab bagi orang yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk beberapa waktu. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang wajib dibayarkan via jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang harus disiapkan sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, tanda terima pemesanan penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper untuk membawa barang yang Anda bawa. Satu koper besar, satu tas jinjing, dan satu tas berukuran kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang bawaan sesuai keperluan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk memuat alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kartu identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Belajar Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini kadang terabaikan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita hendak menjalani suatu ibadah, kita harus tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urut-urutannya supaya tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dihafalkan. Anda dapat mencari referensinya yaitu dengan membaca buku panduan ibadah umrah, berselancar di internet tentang ibadah umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang pernah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, Anda memilih biro travel umrah yang bonafid. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca testimoni pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka dapat Anda cermati melalui internet, misalnya dengan mengakses web, mendapat notifikasi surat elektronik dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi tertentu, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan khusus, Anda butuh menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda sertakan saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak urut, juga dapat Anda bawa secukupnya.

Membawa Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus wanita banyak jenisnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, jarum pentul, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa cadangan kain dan juga pakaian ganti ihram yang dibutuhkan. 

Menghafalkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda minta. Ada pula titipan doa dari kerabat dan juga teman. Agar selalu ingat, siapkan catatan khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak terlewat saat memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, bawa di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda persiapkan sebelum melaksanakan umrah. Konsultasikan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang harus dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id